KAMUS Bahasa Pegawai Kantoran

Juni 15, 2009

KAMUS Bahasa Pegawai Kantoran

ASAP
Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yg minta
laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yg subjectnya ASAP pake
huruf gede. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan banget. Celakanya,
bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, alias gak
diduga2 kalo se waktu2 bos minta, walhasil..JEBRET! Lembur sampe pagi!

TENTATIVE
Kata sakti yg biasanya dipakai utk menjelaskan sesuatu di masa depan yg
kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dlm suasana meeting yg
udah sangat gak produktif dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan
bersifat tentative. Yang penting cepet pulang.

MEETING
Harusnya sih RAPAT dlm EYD. Tapi mo gimana lagi? Dah bekennya begitu,
kalo bilang rapat, kesannya mo ke pak RT atau pak Lurah aja.

TARUH DI MEJA SAYA
Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yg dapat mewakili
status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada
Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada
Supervisor. Supervisor kepada Staff. Staff kepada OB dan terakhir OB
kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan? Betapa susahnya kalo sang owner
mo sarapan bubur?

AFTER LUNCH
Untuk menunjukan waktu yg HARUSnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat ini
dipakai kalo janjian dgn level sesama manager atau diatasnya. Kalau masih
janjian sesama staff or supervisor mah simple aja “Abis makan deh” atau
“Makan dolo bro, baru kita sambung” Note : Setinggi2nya level anda,
jangan sampai bilang “Makan dolo bro” ke owner.

COFFE BREAK
Kebiasaan para pegawai malas yg tidak produktif. Sering dilakukan oleh
bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali
sehari dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering
mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin
atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba2 memanggil. Ketika
ditanya kemana, alesannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah,
toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara2 YM-nya lagi
trouble.

LEGALITAS
Campuran Indonesia-Inggris yg menunjukan keadaan pekerjaan yg sudah sampai
ke level menengah ke atas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil atau
proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu
kesebut kalo lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit “Kok bisa begitu?
Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah
dimana sih tu orang?”

OVERTIME
Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya
kalo lembur kayak OB & Driver.

13th SALARY / BONUS
I love this sentence / word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya
mengundang kehebohan dlm kebersamaan. Dimana divisi2 yg tadinya
bermusuhan & berseteru, tiba2 bersatu padu dlm kekompakan nan mengharu
biru.

BREAKFAST/LUNCH/ DINNER MEETING
Kalau owner atau direktur yg melakukannya, terbukti efisien dan tepat
guna. Kalau manager yg melakukannya terbukti menjadi alesan ulur2 jam
istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetep
gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau
outbound meeting (biasanya ke Puncak. Sukur2 Bali )

ENTERTAINMENT
Hampir sejenis dgn penjelasan diatas. Bedanya produk yg dihasilkan berupa
New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih
panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yg disediakan pun lebih
besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertaint juga bermacam2
tergantung sifat pimpro-nya. Ada yg cuma sekedar dinner, karaoke malah
sampai ke meja panti pijat plus plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau
daerah Kota & MangBes. Dengan satu tujuan mulia : Yang penting proyek
jebol.

OUTING / OUTBOUND
Inisiatif management perusahaan dlm me-re-fresh karyawannya. Dengan
tujuan agar lebih bugar dan kompak menghadapi masalah2 di kantor.
Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yg jauh lebih maksimal
dari pada sekedar bugar. Affair. Moment jo. Moment.

925 (NINE TO FIVE)
The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dgn 925 bisa
mencapai hasil yg maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui
overtime, dgn catatan gak janji beres ya.

24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)
24 jam sehari 7 hari seminggu. Kalimat sakti para bos utk mengintimidasi
tangan kanannya, dgn diiming-imingi bonus yg masih berada di gray area
(baca : Kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan proyek)

PANTRY
Seharusnya sih tempat persiapan para OB utk bikin kopi, nyiapin sarapan
dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal
karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room,
gossip room, breast pump room dan room2 bagi komunitas underground
lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!

OB (OFFICE BOY)
Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila
tak ada OB, niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon
boleh mati. Fax boleh rusak. Tapi kalo OB sakit? Stress menghinggapi
seluruh kantor.

MESENGGER
Teman seperjuangan OB nasibnya-nya kurleb sama dgn OB. Tapi bedanya
mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen2 penting.
Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan2 karyawan
jahil yg ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (sangat amat)
berjauhan.

JOBDESK
Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yg dituang dlm
kontrak kerja. 80% dari JobDesk biasanya dianggap sepele dan dicuekin.
Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana &
malapetaka.

TOILET
Selain tempat buang hajat n dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu
umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup
si kasta rendah bisa berada satu ruangan dgn si kasta agung (kalo
beruntung malah dlm keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor
longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb)

YM-an
Sejatinya, YM bisa berguna sebagai data transfer device yg sangat effisien
tanpa harus melibatkan kehadiran flash disk. Namun di tangan2 orang yg
tidak bertanggung jawab, alat ini berubah fungsi menjadi tempat
pembicaraan kaum underground mengenai bentuk muka si bos yg aneh,
ketidakpuasan kebijakan management, sampai janji kencan after work antar
oknum lain divisi.

SOUNDING
Istilah utk pemberitahuan sesuatu yg harus di-up-dated kepada divisi2 yg
bersangkutan. Walopun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di
tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal / oral
Sehingga pada akhirnya yg terjadi buka up dated yg didapat melainkan word
up atau malah fist up (baca : tuduh2an / lempar2an) alamakjan.

CC & REPLY ALL
Istilah email yg selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses
sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya beneran nyampe, bukan mailer
daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder, hehehe.

MAN BEHIND THE DESK / ORANG KANTORAN
Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi,
apalagi yg berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dgn bijak,
berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan
administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yg bersifat sangat
teknis nan membingungkan tentunya.

AFFAIR
Bahasa indonesianya : SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah
KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yg membuat semangat
datang ke kantor.

FOLLOW UP
Kegiatan yg paling enak diucapin namun paling males dilakuin.

CONCERN
Bentuknya macem2 ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern,
Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern2an ini
pasti berujung dgn meeting nan membosankan yg sangat menguras waktu dan
tenaga.

KASBON
Selamat hari ini. Celaka hari esok.

REIMBURSEMENT
Kata benda yg sangat diharap2kan kehadirannya oleh karyawan. Terutama
bagi karyawan yg sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang
Indonesia kata ini sangat sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi
rembes atau rembesan. Contoh :

“Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?”
“Belom nih cong, masih nyangkut di plafon”
“Dipercepat dong. Bokek nih”
“Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si
bos paling lama soal begituan”
Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian
keuangan.

I HATE MONDAY
Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa
berat & membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk & jadwal meeting yg
padat ada di depan mata.

MIDWEEK MADNESS
Ngambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoyingnya gw
males ngejelasinnya. Pokoknya pasti pada ngarti dah ya.

THANKS GOD IT’S FRIDAY
Hari dimana 925 sama sekali gak berlaku. Istirahat 2 jam dgn alasan solat
jumat. Padahal malah ngelayap ke Gramedia / Gunung Agung. Karyawan
wanitapun gak mo kalah dgn merayakan jumat siang dgn shopping dan makan
siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa banget!

ANNUAL LEAVE
Sesuatu yg lebih ditunggu2 kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa
mengatur jadwal cutinya sesuai dgn keluarnya bonus sekaligus ketika pas
kejadian proyek lagi ribet2nya. Hebat hebat.

LONG WEEKEND
Gak ada kata yg tepat utk mendeskripsikan kalimat ini kecuali : Anugerah
Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki by Sheila on Seven.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: