Jiwa besar dan keluhuran budi Karna, sang anak surya

Juni 15, 2009

Karna dalam bentuk wayang jawa.

“Kakek yg aku hormati, aku sadar aku ini anak Dewi Kunti bukan anak sais kereta. Ayahku adalah Dewa Surya dan pandawa adalah adik-adikku. Tetapi aku berhutang budi kepada Duryodana. Aku hidup dan besar di tanah ini. Dia telah mengangkat dan mebesarkan aku sementara aku dihina dan disepelekan oleh saudaraku. Sebagai manusia yang berbudi luhur aku harus mebalas budinya dan membelanya sampai mati. Aku telah bersumpah kepada diriku bahwa kesetiaan dan ketetapan seorang Ksatria tidak akan pernah berubah. Engkau pasti lebih memahami ini dan memaafkan aku. Ijinkanlah aku membalas hutangku terhadap kepercayaan dan cintanya kepadaku. Aku mohon restumu… ”

Bhisma memahami jiwa besar dan keluhuran budi Karna. Ia membenarkan apa yang diucapkan Karna dan berkata, “Jika memang demikian ketetapan hatimu, janganlah ragu dan lakukan dengan sebaik-baiknya. Sebab memang itulah yang paling pantas kau lakukan”

Demikianlah sumpah dan janji seorang Ksatria sebelum maju ke medan perang Kurusetra. Meski mengetahui bahwa Kaurawa berada pada pihak yang salah, Karna yang memiliki jiwa luhur dan menjunjung tinggi nilai kesetiaan tidak akan mampu dipengaruhi keyakinannya untuk berubah. Karna akan berhadapan dengan adik-adik kandungnya sendiri dari seorang ibu yang sama.

Sumber :

cerita wayang dari facebook Prio Adi Koesoemo’s Notes

http://www.facebook.com/profile.php?id=1138135127&v=app_2347471856

2 Tanggapan to “Jiwa besar dan keluhuran budi Karna, sang anak surya”

  1. triavianto said

    sudah saya tambahkan linknya mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: